Selamat Datang di Blog Teknik Komputer Jaringan SMK Kosgoro 1 Solok

Senin, 12 November 2012

Mencoba Windows 8

Windows 8 resmi dirilis pada tanggal 26 Oktober 2012 yang lalu. Karena penasaran akhirnya saya ikutan mencicipinya. Berikut ini ada sedikit ulasan singkat saat mencoba Windows 8.
Bootingnya cukup cepat, dari memencet tombol on sampai siap sekitar 40an detik. Saat masuk akan disuguhi tampilan berbentuk kotak-kotak. Kalau dulu dinamai metro, saat ini bernama Windows 8 Style UI (Kalau tidak salah :D ).
Di Start Screen ini terdapat kotak kotak yang berisi berbagai aplikasi seperti Email, People, Messaging, News dan lain-lain. Aplikasi ini berbeda dengan aplikasi yang biasa diinstall di Windows 7. Kalau yang aplikasi biasa ada di bagian desktop. Tampilan Start Screen seperti ini.

Kotaknya melebar ke kanan dan bisa digeser dengan bar yang tersedia. Kalau mouse diarahkan ke pojok kanan layar akan muncul menu.Kalau pojok kiri akan muncul list aplikasi yang berjalan.

Tampilan aplikasi rata-rata juga berbentuk kotak dengan tulisan gede-gede. Untuk berpindah antar aplikasi bisa dengan tombol Win atau Win + Tab. Ini dia tampilan untuk email.

Anda bisa menambahkan Facebook dan Twitter di bagian People. Bisa update status melalui menu ini.

Untuk aplikasi bawaan Messaging yang didukung hanya chat Windows Live dan Facebook.

Anda bisa menambahkan beragam aplikasi lain melalui Store. Ada yang gratis dan ada yang berbayar.

Terus bagaimana mengakses aplikasi-aplikasi reguler seperti Firefox, Winamp dkk. Di Start Screen ada menu Desktop. Saat diklik Anda akan masuk ke dalam desktop seperti di Windows 7. Namun sayangnya tidak ada Start Menu di kiri bawah. Jadi agak ribet kalau akan menjalankan aplikasi karena list aplikasi ada di Start Screen (yang kotak-kotak tadi).

Start Menu di desktop bisa dimunculkan dengan menambah aplikasi pihak ketiga atau dengan menekan tombol shortcut Win + Q. Nanti akan muncul list semua aplikasi.

Itu dia sekilas mengenai Windows 8. Kalau menurut saya untuk Start Screen (Metro) memang lebih enak di device yang touch screen. Selain itu Start Screen membutuhkan koneksi internet alias online. Jika tidak ada koneksi internet maka menjadi kurang maksimal fungsinya. Sedangkan untuk yang desktop hampir sama saja dengan Windows 7. Cuma Start Menunya hilang :D
Awalnya memang agak ribet, namun kalau sudah terbiasa, tidak begitu susah menjalankan Windows 8 ini.

Semoga Bermanfaat

By: Dhonal Poetra

Tidak ada komentar:

Posting Komentar